Kamis, 01 Maret 2012

Tanggung Jawab Sosial

Tentang Tiens

Tanggung Jawab Sosial

“Saat sebuah perusahaan sedang berada di tahap awal, ia merupakan milik dari sng empunya atau pendiri perusahaan. Namun saat sebuah perusahaan telah berkembang menjadi korporasi multi-nasional, maka ia haruslah menjadi milik masyarakat, negara dan segenap orang-orang yang tergabung di dalamnya.”
Presiden Li Jinyuan

   
 
 

Sebagai sebuah perusahaan warga negara yang terpercaya, TIENS telah mengalami dan berhasil melewati masa-masa sulitnya. Oleh sebab itu, TIENS senantiasa memegang teguh filosofi tanggung jawab sosial kepada masyarakat. Berkontribusi melalui berbagai aktivitas berorientasi amal telah menjadi nilai budaya yang didedikasikan TIENS kepada masyarakat China serta dunia. Dari fokus kepada orang cacat, dukungan pendidikan, perlindungan lingkungan, hingga bantuan kepada masyarakat miskin, semua menjadi perhatian TIENS dalam menciptakan komunitas internasional yang hidup berdampingan secara harmonis.

TIENS secara konsisten telah memelihara dan merawat kesehatan serta perkembangan anak-anak selama bertahun-tahun. Di bulan Juli 2004, TIENS mendonasikan bantuan sebesar 3,5 juta RMB kepada Teater Seni Anak-anak Wilayah Tianjin sebagai bentuk dukungan kepada perkembangan anak. Pada tanggal 26 Mei 2005, TIENS menyumbangkan 10 juta RMB bantuan kepada Komunitas Palang Merah China untuk mendirikan TIENS Charity Fund (Badan Amal Tiens) serta meluncurkan Program Bantuan Pendidikan TIENS serta Program Pengembangan Bakat TIENS untuk Wilayah China Barat. Program-program ini bertujuan untuk memperbaiki kondisi sekolah, pengembangan edukasi di wilayah terpencil, miskin dan tertinggal, serta membantu mereka yang tidak mampu melanjutkan sekolah. Di bulan Mei 2002, TIENS mendonasikan bantuan sebesar 100 juta Rupiah kepada organisasi SOS Anak Desa Indonesia dalam rangka pengembangan anak-anak desa lokal di Indonesia.

Pada bulan Juni 2002, TIENS juga memberikan sumbangan kepada Dana Amal Anak-anak Ghana. Sumbangsih dermawan dari Tiens Group telah membantu anak-anak di berbagai penjuru dunia agar dapat tetap sehat dan bahagia. Di bulan Mei 2010, dicanangkan program "Beasiswa TIENS bagi Siswa Berprestasi" yang merupakan kerja sama Tiens Group dengan tiga universitas: Universitas Ekonomi dan Finansial Pusat, Universitas Ekonomi dan Finansial Dongbei serta Universitas Ekonomi dan Finansial Tianjin. Tahun 2007, lembaga amal "Dana Amal Li Jinyuan" didirikan di China Charity dengan investasi sebesar 30 juta RMB. Sebanyak 12 juta RMB turut disumbangkan kepada Lembaga Pengembangan Pendidikan China untuk secara resmi mendirikan "Li Jinyuan Education Imbursement Plan in China Education Development Foundation".

"Jika saya bisa memiliki rumah yang luasnya hingga sepuluh ribu mil, saya akan menampung seluruh pelajar miskin dan membuat mereka semua tersenyum bahagia," demikian ungkap Du Fu, seorang penyair dan pujangga ternama di masa Dinasti Tang dalam sejarah China. Pesan ini telah menginspirasi Mr. Li Jinyuan untuk berbagi kasih dan kesejahteraan yang dimilikinya dengan penuh cinta kepada seluruh umat manusia di dunia. Saat terjadi bencana banjir dahsyat di wilayah sungai Yangtze dan Songhua pada tahun 1998, TIENS mendonasikan bantuan sebesar 22 juta RMB kepada masyarakat di daerah bencana. Ketika epidemi SARS merebak di musim semi 2003, Mr. Li Jinyuan, yang saat itu sedang berada di Afrika, segera bergegas kembali ke China, dan langsung mengadakan pertemuan darurat di malam yang sama untuk mendonasikan 3 juta RMB serta produk-produk perawatan kesehatan senilai 42 juta RMB. Sejumlah besar materi dan uang senilai lebih dari 23 juta RMB juga disumbangkan saat terjadi bencana alam di Wenchuan dan berbagai wilayah yang terkena gempa bumi lainnya sepanjang tahun 2008. Di tahun 2010, sumbangsih pertama sebesar 7 juta RMB dalam bentuk uang dan materi diberikan ke daerah Yushu, Qinghai yang menderita bencana gempa bumi.

Cinta kasih TIENS kepada sesama manusia merupakan rasa persahabatan yang tulus dan melampai batasan daerah. Di mana pun terdapat bencana, TIENS akan hadir di sana untuk memberikan bantuan. Bencana alam tsunami yang lampau telah menyengsarakan banyak rakyat di wilayah Asia Tenggara, di mana banyak keluarga terpecah tanpa harapan. Meskipun tsunami merupakan bencana tanpa rasa kasihan, namun manusia adalah makhluk yang saling peduli. Di bawah kepemimpinan Mr. Li Jinyuan, segenap keluarga besar TIENS mendonasikan hingga sekitar 4 juta RMB kepada masyarakat di wilayah bencana.

Hingga saat ini, TIENS telah mendonasikan lebih dari 1,5 miliar RMB bagi lembaga sosial dan aktivitas amal di berbagai pelosok dunia. Bagi TIENS, seluruh usaha amal sosial ini merupakan bentuk kepedulian kepada sesama manusia tanpa pandang buluh, tanpa batasan, dan menjadi tanggung jawab yang berkesinambungan tanpa henti.

7 Juni 2010

0 komentar:

Posting Komentar

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008 Redesign by Jasa Pembuatan Blog Mung Bisnis

Back to TOP